Jumat, 31 Agustus 2018

Banaspati (orang kp.Pengrango menyebutnya Hantu Colok)



Saya  tinggal di daerah ujung pulau jawa paling barat, bernama Banten. saya tinggal di kp.pengrango Desa lambangsari, kec. Bojonegara.
Di daerah tempat saya tinggal, banaspati di kenal dengan nama "Colok". Ketika saya kecil dulu, penampakan banaspati, bola api yang melayang-layang di udara, sudah tidak asing lagi buat kami. sudah jadi makanan sehari-hari. alias sudah sering melihat dan menyaksikannya.
Saya lahir di tahun 90-an. waktu saya berumur sekitar 10tahun. saya suka mencari jangkrik, binatang yang suka dijadikan ajang permainan aduan. Saya dan teman2 biasanya mencari jangkrik atau di daerah saya menyebutnya "ngobor jangkrik". Jangkrik yang kita dapatkan biasanya di jadikan jagoan untuk aduan dan jika dapatnya terlalu banyak bisa juga untuk dijual. Hasil dari jual jangkrik tersebut biasanya cuma buat jajan2 biasa saja karna tidak seberapa hasilnya, karna memang cuma iseng saja. Nah biasanya ketika kami sedang mencari jangkrik di malam hari, sering sekali melihat penampakan hantu "colok" atau orang2 menyebutnya banaspati. Bagi saya sendiri penampakan seperti itu sudah terlalu mainstream. tidaklah menakutkan. Malah setiap malam saya sering melihatnya. bahkan pernah bola api tersebut berputar-putar dengan jarak kira2 dua meter diatas kepala. Kalau kejadiannya seperti itu memang agar risih juga, takut apinya kena kepala, dan paling hanya menghindar berlari kecil menjauhinya. jika bola api tersebut masih mengikuti, menghindar lagi sampai dia bosan sendiri mengikuti. saya dan teman2 melanjutkan lagi perburuan kita mencari jangkrik. walapun kadang ada beberapa teman2 yang sawan karna "colok" tersebut tidak berhenti2 mengikuti. dan akhirnya ada beberapa dari kami yang pulang menghentikan perburuan. Keesokan harinya pun begitu lagi dan lagi.
Intinya banaspati itu tidaklah menakutkan bagi kami. entah karna memang dulu kita masih kecil atau memang karna itu tidak berbahaya bagi kami. walaupun setelah dewasa ini saya sudah jarang sekali melihat penampakan seperti itu.
Sebenarnya dulu isu-isu mengerikan tentang penampakan tersebut sering kami dengar dari para orang tua. tapi karna kekonyolan kami dulu waktu kecil, kami menepis semua isu yang tidak sesuai dengan apa yang kami alami di lapangan.
Tapi ada kejadian yang paling menyebalkan bagi kami, yaitu fenomena jin jahil. Fenomena ini terjadi ditandai dengan tidak berfungsinnya alat-alat elektronik/listrik. senter tiba-tiba mati. atau benda apapun yang mempunyai energi listrik sebagai sumbernya akan mati atau berhenti berfungsi secara mendadak. alat-alat tersebut akan berfungsi kembali dengan normal setelah berada jauh dari lokasi tempat jin jahil itu berada. tempat atau lokasi jin jahil ini tidak menentu, kadang ada di pohon-pohon, sawah, atau di hutan dekat gunung. Radius yang di sebabkan oleh fenomena ini biasanya bisa mencapai jarak 100-200 meter. Tapi bagi kami fenomena seperti itu sudah sangat biasa. hanya sedikit menyebalkan saja jika lokasi kita sangat gelap tiba2 sumber cahaya yang kita bawa mati semuanya. apalagi kalau lagi musim hujan, bisa berlumuran lumpur kaki kita karna berjalan di kegelapan dan melihat jalan dengan samar-samar.
Okey, sekian dulu kisah mistis yang menurut saya sudah sangat mainstream saat kecil dulu. Hingga sekarang kejadian seperti itu sudah sangat jarang sekali saya alami, bahkan hampir tidak pernah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda disini, bagikan jika bermanfaat 😊